Bahasa Jepang (日本語/Nihongo) merupakan bahasa resmi di Jepang dengan jumlah penutur yang mencapai 127 juta jiwa. Bahasa Jepang juga digunakan oleh sejumlah penduduk negara yang pernah ditaklukkannya seperti Korea dan Republik China. Bahasa Jepang dapat didengarkan di Amerika Serikat (California dan Hawaii) dan Brasil akibat emigrasi orang Jepang ke wilayah tersebut.

Dalam Sistem Penulisannya, bahasa Jepang terdapat 3 jenis aksara/bentuk tulisan, yakni huruf Hiragana, huruf Katakana dan huruf Kanji. Bahasa Jepang ditulis dengan gabungan huruf Hiragana dan Kanji. Nama-nama dan kata-kata asing biasanya ditulis dengan huruf Katakana. Selain ketiga aksara tadi, kadang-kadang dipakai pula Romaji (huruf Latin). Tetapi pemakaian Romaji tidak umum, kecuali pada papan-papan reklame atau penunjuk jalan yang diperuntukkan bagi orang asing.

Untuk menggambarkannya, lihat perbedaan berikut ini:

Dalam Tata bahasanya sendiri, seperti halnya dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Jepang juga terdapat kata sifat, kata kerja, namun perbedaan yang mendasar adalah Dalam Bahasa Jepang, Predikat terletak pada akhir kalimat ( Subjek + Predikat + Objek menjadi Subjek + Objek + Predikat).

Selain itu dalam bahasa Jepang juga terdapat Partikel, (semacam to be dalam bahasa inggris), yaitu Kesatuan berupa gabungan maksimal dua huruf yang berdiri sendiri, partikel tidak memiliki arti.

Iklan

0 Responses to “Sekilas Tentang Bahasa Jepang”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




November 2017
S S R K J S M
     
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Bulan

Recent Entries


%d blogger menyukai ini: